Detil Ruang Informasi

Pendampingan dan Penyusunan dan Pemutakiran Data Desa Berbasis Dokumen Lunak pada 3 (tiga) Desa di Kecamatan Sukawening, Kabupaten Garut, Jawa Barat

Administrator

1 tahun yang lalu

  1. INFO_ROOM_ATTACHMEMT1577054804

Pendampingan dan Penyusunan dan Pemutakiran Data Desa Berbasis Dokumen Lunak pada 3 (tiga) Desa di Kecamatan Sukawening, Kabupaten Garut, Jawa Barat

Pelaksanaan UMD bermitra dengan Universitas Parahyangan (UNPAR) melalui Kuliah Kerja Lapangan/KKL (atau KKN) Prodi Administrasi Publik UNPAR (atau) berbasis pada pemahaman akan pentingnya data desa dan monograf desa dalam setiap upaya pembangunan desa.

Ketersediaan data desa dan monografi desa dibutuhkan untuk mendapatkan pemahaman akan berbagai permasalahan yang dihadapi oleh desa dan juga mengidentifikasi intervensi-intervensi yang dibutuhkan untuk memecahkan permasalahan tersebut.

UMD UNPAR bertema Pendampingan dan Penyusunan dan Pemutakiran Data Desa pada 3 (tiga) Desa di Kecamatan Sukawening, Kabupaten Garut, Jawa Barat melalui program Kuliah Kerja Lapangan Program Studi Ilmu Administrasi Publik Universitas Katolik Parahyangan beberbasis dokumen lunak (soft document) tahun 2016 melibatkan 64 mahasiswa.

PENCAPAIAN DAN KEBERLANJUTAN:

  • 2016, 3 Desa (Mekarluyu, Mekarwangi dan Sudalarang): Survey (Pengumpulan Data) Per KK di 3 Desa tersebut, KKL PRODI Administrasi Publik UNPAR, didanai KOMPAK (with contribution from UNPAR).
  • 2017, Pelaksanaan Survey (Pengumpulan Data) Per Kepala Keluarga di 5 Desa di Kecamatan Cilawu, didanai secara mandiri oleh PRODI Administrasi Publik UNPAR.
  • 2018, Survey (Updating/Pemutakhiran Data) yang telah dikumpulkan di tahun 2017 di 5 desa di Kecamatan Cilawu.
  • 2018, Desa-desa di Kabupaten Humbang Hasundutan – Provinsi Sumatera Utara, pendampingan Praktik Kerja di Desa Mahasiswa Universitas Katolik Santo Thomas Medan didanai oleh by Friedrich-Ebert Stiftung Indonesia Office.
    • Desa Hutajulu
    • Desa Simangarongsang
    • Desa Marbun Toruan
    • Desa Sihikkit
    • Desa Purba Dolok
    • Desa Sipituhuta

CAPAIAN PASKA PROGRAM

  1. April 2017 - Pemanfaatan Data oleh Desa Mekarluyu dan Desa Sudalarang.
  2. Juni 2017-Diseminasi di Forum Komunikasi Pembangunan.
  3. Juli 2017 - Presentasi di Kegiatan rutin Indonesian Association for Public Administration (IAPA).
  4. Agustus 2017 - Presentasi di Rapat Kesepakatan Kegiatan Pembangunan di Desa dengan hadirnya kegiatan mahasiwa/i melalui KKN di Kantor Staf Presiden.
  5. November 2017 - Replikasi Program UMD melalui Pelaksanaan Training for Trainer (ToT) bagi perwakilan PRODI-PRODI anggota IAPA yang tertarik untuk melaksanakan program pengabdian masyarakat tentang data desa atau pelaksanaan KKL/KKN Tematik. Output: TOT Module & Delivery of the TOT.
  6. Januari 2018 – Publikasi Artikel pada Jurnal Kebijakan dan Administrasi Publik.
  7. Maret 2018 - Pelaksanaan Model UMD di dua Pemenang IAPA Award for Community Service 2018 yaitu:
    • Program Data Desa di Desa Kerta Kecamatan Payangan Kabupaten Gianyar oleh Universitas Ngurah Rai Denpasar Bali.
    • Pendampingan Sistem Informasi Desa melalui Peningkatan Kapasitas Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) dalam pengelolaan informasi data kemiskinan dan kesehatan Desa Terong, Kecamatan Dlingo Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta melalui program KKL Program Studi Administrasi Publik, Universitas Aisyiyah Yogyakarta Tahun 2018 (Tahun Pertama).
  8. Mei 2018 – Replikasi Model UMD dalam Upaya startingup Model Dinamis Pembangunan dan Pengembangan Inovasi Desa (PPID) Untuk Mewujudkan Desa Unggul dan Berkelanjutan (model terlampir).